07 January 2013

Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar

Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar

Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar, Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar di blog JOGJA BELAJAR ini diposting oleh Horiq Sobarqah 7 Jamuari 2013. ( 5.0 )



einstein


Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar, Belajar efektif tidak selalu terjadi secara alami dan justru berjalan sebaliknya. Jika pikiran tidak dikontrol dengan benar, maka akan menimbulkan hambatan untuk kita memahami dan menerjemahkan suatu informasi. Bagaimanapun juga, belajar tidak harus menjadi kegiatan yang membuat stres. Sesungguhnya ini hanyalah proses mengenali diri sendiri dan berdamai dengan semua gangguan, internal maupun eksternal, yang timbul.

Ada beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk membuat kita tetap berpikiran terbuka dan menguatkan kapasitas kita dalam belajar. Berikut ini Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar yang dilakukan orang-orang pintar untuk mendapatkan pemikiran yang mampu melihat keindahan dari suatu objek dan memahami arti pencerahan yang sesungguhnya. Demikian seperti dilansir Elite Daily, Minggu (6/1/2013).

Bukan sekadar pintar dengan buku
Buku bukanlah segalanya, banyak hal yang tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca buku. Orang-orang cerdas ini memahami bahwa untuk mencapai sukses dalam hal-hal tertentu dan mengaplikasikan pelajaran yang sudah mereka terima di sekolah, mereka harus menjalani kehidupan nyata dari dunia yang mereka minati. Ini adalah kunci untuk mencapai kecerdasan.

Orang-orang cerdas menyadari bahwa kemampuan seperti berkomunikasi efektif dan kemampuan menjual hanya dapat diraih melalui interaksi langsung dengan klien dan kolega di bidang tertentu. Mereka berkeinginan kuat untuk keluar dan mencari tahu semua kemampuan yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan.

Selalu mempertanyakan status quo

Kita dapat melihat bahwa orang bodoh biasanya hanya menerima apa pun yang diberikan kepada mereka dan apa pun yang nampaknya "normal" bagi mereka. Kelompok orang ini tidak pernah melampaui batas yang ditetapkan bagi mereka untuk mencari tahu dan mempertanyakan kenyataan tentang kondisi yang sebelumnya (status quo).

Di sisi lain, orang-orang pintar tidak pernah menerima status quo. Mereka memahami, jika ada status quo, maka itu berarti ada hal-hal yang perlu diubah dan ada ruang kosong yang perlu diisi.

Tidak hanya pintar di satu area

Ada orang-orang yang sangat menguasai satu topik dan dapat berbicara tentang hal tersebut sepanjang hari. Tetapi, dia tidak lantas mendapatkan predikat "pintar".

Persona dengan predikat pintar menghabiskan waktu mereka untuk mempelajari berbagai hal yang diminati masyarakat umum. Mereka dapat terlibat dalam pembicaraan tentang pembatasan fiskal hingga jenis anggur yang mereka minum. Orang pintar tahu persis, untuk membuat orang lain tertarik kepada mereka, maka dia harus rajin melakukan riset tentang satu tren tertentu dan membuat opini cerdas tentang hal tersebut.

Menunjukkan wajah datar (poker face)

Kadang-kadang orang pintar tidak suka memperlihatkan kepintaran mereka, hanya untuk menguji kapasitas mental lawan bicaranya. Orang pintar kerap kali hanya memasang wajah datar seperti pemain poker dan berpura-pura jika mereka hanya mengobservasi ketika lawan bicaranya menyampaikan sebuah "kebenaran".

Taktik ini untuk mempelajari kondisi orang yang terlibat suatu hubungan jangka panjang dengan mereka. Dengan demikian, orang-orang pintar ini dapat menggunakan metode paling efektif untuk menunjukkan bahwa mereka juga mengetahui topik yang sedang didiskusikan tanpa menyampaikan sesuatu yang terlalu sulit untuk dipahami lawan bicaranya.

Memahami konsep waktu

Orang pintar tidak pernah membiarkan sesuatu mengalihkan perhatian dan menyia-nyiakan waktu mereka dalam mencari tahu satu hal. Mereka dapat memahami cara paling kondusif untuk mencapai tujuan.

Orang pintar juga menyadari bahwa rata-rata manusia justru fokus pada pengalih perhatian yang sebenarnya negatif dalam hidup. Kelompok ini juga tahu bagaimana cara mengabaikan "kebenaran semu" ini dan fokus memanfaatkan kemampuan terbaik mereka untuk menjadi manusia produktif.


 Tips Belajar Berfikir Supaya Pintar

0 comments:

Post a Comment

JOGJA BELAJAR BELAJAR ONLINE MENYENANGKAN, Jangan lupa tinggalkan jejak bukan kata pertamax. Kritik, saran dan komentar dari postingan blog jogja belajar ini bisa anda masukkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.