13 November 2012

Lomba Kincir Angin Nasional

Lomba Kincir Angin Nasional

Lomba Kincir Angin Nasional, Lomba Kincir Angin Nasional di blog Jogja Belajar ini diposting oleh Horiq Sobarqah 12 November 2012. ( 5.0 )


Turbin Kincir Angin

Lomba Kincir Angin Nasional Segera Digelar, saat ini Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) akan menggelar lomba desain kincir angin tingkat nasional untuk mahasiswa. Kompetisi ini akan diselenggarkan pada 27-31 Desember 2012 di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta.
Ketua panitia lomba, Ir. Harry Prabowo,M.T mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa khususnya dalam menguasai teknologi turbin angin. Mahasiswa ditantang mengembangkan turbin angin yang mampu menghasilkan energi dengan memanfaatkan kecepatan angin yang berfluktuasi di sepanjang pantai. Ir. Harry Prabowo,M.T mengatakan: "Nantinya, para mahasiswa akan dilombakan untuk membuat baling-baling yang sudah dirancang oleh masing-masing tim. Peserta tim terdiri minimal 3 orang dan satu orang dosen pembina".Kriteria penilaian lomba desain kincir ini terletak pada inovasi desain profil aerofoil propeler atau baling-baling (blade) Sistem Konversi Energi Angin (SKEA). Dia mengatakan:"Baling-baling yang diciptakan harus mampu berputar dan handal pada kecepatan aliran angin yang befluktuasi di wilayah pesisir selatan laut Jawa" .
Untuk bisa berpartisipasi dalam ajang ini, peserta tim diharapkan mengirimkan proposal Desain Rotor dalam bentuk Softcopy melalui email sekretariat lomba di windturbinedesignbantul2012@gmail.com. Batas Akhir Pengiriman Proposal Desain diterima hingga pertengahan November. Semua proposal yang masuk akan diseleksi oleh panitia dan yang lolos seleksi proposal berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu membuat kincir angin atau baling-baling yang sudah didesain.

"Peserta menguji kincir anginnya pada hari pelaksanaan lomba. Para pemenangg lomba akan mendapatkan piala dan piagam beserta uang pembinanan dengan total Rp30 juta," tuturnya.

Artikel Terkait: Lomba Kincir Angin Nasional Segera Digelar

Lomba Kincir Angin Nasional

0 comments:

Post a Comment

JOGJA BELAJAR BELAJAR ONLINE MENYENANGKAN, Jangan lupa tinggalkan jejak bukan kata pertamax. Kritik, saran dan komentar dari postingan blog jogja belajar ini bisa anda masukkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.