30 January 2013

PDSS SNMPTN 2013 Yogyakarta Libatkan Kampus

PDSS SNMPTN 2013 Yogyakarta Libatkan Kampus Negeri

PDSS SNMPTN 2013 Yogyakarta Libatkan Kampus Negeri, PDSS SNMPTN 2013 Yogyakarta Libatkan Kampus Negeri di blog JOGJA BELAJAR ini diposting oleh Horiq Sobarqah 30 Januari 2013. ( 5.0 )



SNMPTN 2013

PDSS SNMPTN 2013 Yogyakarta Libatkan Kampus Negeri. Masih banyak sekolah yang belum mengisi PDSS SNMPTN 2013. Sosialisasi PDSS di sekolah melibatkan tiga perguruan tinggi negeri di DIY, yakni UNY, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. UNY melakukan sosialisasi PDSS di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo, UGM di Kota Yogyakarta, dan UIN Sunan Kalijaga di Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul,

Kenapa banyak sekolah yang belum mengisi data PDSS SNMPTN 2013? karena sistem baru banyak sekolah yang belum paham dengan Alur SNMPTN 2013. Pengisian PDSS melibatkan kepala sekolah untuk mendaftarkan sekolahnya dan mengisi nilai raport siswanya tiap semester. setelah itu Siswa melakukan verifikasi data yang di masukkan oleh kepala sekolah apakah ada kesalahan dalam memasukkan data. Jadi dari hal tersebut orang yang wajib aktif pertama kali adalah kepala sekolah yang di bantu oleh guru-gurunya kemudian verifikasi data oleh siswa.

Berikut Ini Alur Pengisian PDSS SNMPTN 2013
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Untuk melancarkan kegiatan pengisian PDSS ini maka Kampus Negeri di sekitar melakukan sosialisasi tentang kegiatan pengisian PDSS yang kemungkinan sekolah masih bingung atau sibuknya sekolahan yang belum sempat mengisi data. Kegiatan pengisian dan verifikasi data PDSS ini akan berakhir tanggal 8 February menurut jadwalnya. 

Menurut staf ahli Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Mohammad Slamet di Yogyakarta, Selasa (29/1/2013) "Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) itu penting karena digunakan untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013". Oleh karena itu, menurut dia, kepala sekolah harus mengecek dengan benar data-data rapor yang ada untuk dimasukkan dalam PDSS. "Semua sekolah harus mengisi data siswa dan nilai melalui PDSS sebelum siswa melakukan verifikasi data mereka sendiri untuk digunakan mendaftar SNMPTN 2013," katanya.

Dia mengatakan bahwa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdapat sekitar 400 sekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Namun, kata dia, hingga batas akhir pengisian data PDSS SNMPTN 2013 ternyata baru sekitar 200 sekolah yang telah mengisinya. Oleh karena itu, menurut dia, perguruan tinggi diberi tugas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk membantu "input" data PDSS di sekolah-sekolah. Selain itu juga membantu penyelesaian masalah jika terdapat persoalan dalam pengisian data PDSS tersebut.

Dia mengatakan sosialisasi PDSS di sekolah itu melibatkan tiga perguruan tinggi negeri di DIY, yakni UNY, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.
"UNY melakukan sosialisasi PDSS di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo, UGM di Kota Yogyakarta, dan UIN Sunan Kalijaga di Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul," katanya.

Referensi: http://snmptn.ac.id/, http://www.antaranews.com/, http://edukasi.kompas.com/
PDSS SNMPTN 2013 Yogyakarta Libatkan Kampus Negeri.

1 comments:

JOGJA BELAJAR BELAJAR ONLINE MENYENANGKAN, Jangan lupa tinggalkan jejak bukan kata pertamax. Kritik, saran dan komentar dari postingan blog jogja belajar ini bisa anda masukkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.